Google Pixel 7 dan 7 Pro Review

Tahun lalu Google membuat perubahan besar pada saluran teleponnya dengan memperkenalkan chip Tensor yang dirancang khusus. Dengan berfokus pada peningkatan kinerja AI dan pembelajaran mesin, perusahaan dapat membuat aplikasi dan fitur yang lebih canggih untuk handsetnya tanpa memerlukan bantuan dari cloud. Dan sekarang dengan peluncuran Pixel 7 dan 7 Pro bersama Tensor G2, rasanya seperti Google memperdalam perkawinan antara perangkat keras dan perangkat lunaknya.

Di luar, Google menggunakan template yang mirip dengan apa yang kami dapatkan dengan Pixel 6 dengan beberapa penyesuaian penting. Di Pixel 7, Anda mendapatkan layar yang terbuat dari Gorilla Glass Victus, sementara di belakang, ada bilah kamera yang lebih menonjol yang sekarang memanjang mulus dari bingkai ponsel melintasi lebar perangkat. Ini akan memberikan daya tahan tambahan sambil tetap membiarkan perangkat berbaring rata (well, sebagian besar) di atas meja.

google pixle

Mirip dengan tahun lalu, bagian akhir dari kedua ponsel sedikit berbeda di antara model, dengan Pixel 7 mendapatkan tampilan aluminium yang disikat sementara Pixel 7 Pro mendapatkan sasis yang mengkilap dan dipoles. Meskipun demikian, meskipun desain Pixel 7 Pro seharusnya terasa sedikit lebih premium daripada saudara kandungnya yang lebih murah, saya sebenarnya lebih suka tampilan matte pada Pixel 7 standar.

Dan untuk apa nilainya, saya pikir Pixel 7 juga memiliki warna yang sedikit lebih menyenangkan, dengan opsi termasuk salju, obsidian, dan serai, dibandingkan dengan pekerjaan cat salju, obsidian, dan hazel yang sedikit lebih tenang pada 7 Pro. Dan meskipun saya yakin saya bukan orang pertama yang memperhatikan hal ini, saya masih tidak dapat menghilangkan perasaan bahwa bagian belakang Pixel 7 terlihat seperti karakter dari Among Us. Jadi tergantung selera Anda, desain Pixel 7 bisa jadi sangat sukses atau ketinggalan, tapi sejauh ini saya menikmatinya.

Satu perubahan penting untuk Pixel 7 secara khusus adalah bahwa dengan layar OLED 90Hz 6,3 inci, sebenarnya sedikit lebih kecil dari Pixel 6 yang keluar, yang terasa seperti kemenangan kecil bagi penggemar ponsel kompak. Ini tidak terlalu terasa seperti perbedaan besar dibandingkan dengan model sebelumnya, tetapi mungkin cukup untuk membuat perangkat terasa sedikit lebih gesit, terutama jika Anda tidak memiliki tangan yang besar.

Sedangkan untuk Pixel 7 Pro, Google memilih layar 120Hz 6,7 inci. Namun, saya harus mengatakan bahwa agak sulit untuk membedakan perbedaan kecepatan refresh bahkan ketika Anda memegangnya secara berdampingan. Dan meskipun tidak muncul di lembar spesifikasi, kaca Pixel 7 Pro 20 persen lebih rata, jadi ada sedikit distorsi di sekitar tepi layar. Kedua ponsel mendapatkan kamera depan 10.8MP yang sama, meskipun masih memiliki sistem pemfokusan tetap, yang merupakan ketidaknyamanan yang relatif kecil dibandingkan dengan sistem fokus otomatis yang sebenarnya pada penembak selfie iPhone 14.

google pixle phone

Di belakang, Google menggunakan kamera utama 50MP yang sudah dikenal bersama dengan kamera ultra-lebar 12MP. Tetapi dalam hal fotografi, mungkin peningkatan kamera terbesar adalah zoom telefoto 48MP 5x baru pada Pixel 7 Pro. Tidak hanya lebih panjang dari lensa 4x Pixel 6 Pro, Google juga mendesain ulang cara kamera mendorong untuk menangkap gambar yang lebih detail di seluruh rentang ponsel.

Serupa dengan sebelumnya, dari 1x hingga 2x, 7 Pro menggunakan sensor utama 50 MP untuk mengambil bidikan jarak pendek, lalu memotong sesuai kebutuhan. Namun dari 2x hingga 5x, ponsel menggabungkan gambar dari lensa utama dan lensa telefoto untuk membuat komposit yang lebih detail.

Kemudian antara 5x dan 10x beralih sepenuhnya ke kamera zoom, dengan Google menggunakan pixel binning untuk mengurangi total resolusi dari 12MP. Dan kemudian di atas 10x, ponsel menggunakan tanaman beresolusi penuh dari kamera telefoto sebelum ponsel mencapai perbesaran penuh 30x.

Saya tahu ini semua sangat teknis, tetapi hasil akhirnya adalah pengalaman zoom yang jauh lebih mulus dan bidikan yang lebih detail yang terlihat lebih baik daripada apa pun yang pernah saya lihat dari hampir semua ponsel lain. Yang mengatakan, saya akan ingin melakukan beberapa pengujian lagi sebelum saya membuat penilaian akhir.

Beberapa perangkat lunak kamera baru juga terlihat mengesankan. Ada fitur Cinematic Blur untuk video yang menambahkan bokeh lembut ke latar belakang klip Anda sambil tetap mendukung warna 10-bit penuh dengan HDR. Dan dari apa yang saya lihat sejauh ini, tampak hebat, seolah-olah Anda telah menggunakan kamera yang jauh lebih mahal. Dan untuk penggunaan yang lebih umum, Google mengatakan telah meningkatkan stabilisasi gambar dan koreksi noise Pixel 7 juga.

Sementara untuk foto, Google mengatakan Tensor G2 membantu meningkatkan alat Penghapusan Wajah Pixel dan mempercepat pemrosesan Night Sight hingga 2x. Ada juga fitur Photo Unblur baru yang dapat mempertajam gambar terlepas dari kapan diambil atau dari kamera apa. Google mengatakan semua pemrosesan untuk Photo Unblur dilakukan secara lokal di telepon dan, dalam demo singkat, beberapa hasilnya sangat bagus sehingga agak sulit dipercaya.

Tapi itulah hal terbaik dan terburuk tentang Pixel, karena sekarang perangkat keras dan perangkat lunak mereka saling terkait, sulit untuk benar-benar memahami bagaimana kinerjanya hanya setelah beberapa saat.

Baca lainnya :