SSD terbaik di tahun 2022, plus cara memilihnya

Salah satu cara paling hemat biaya untuk memutakhirkan komputer atau konsol adalah dengan penyimpanan solid-state. Flash drive tercepat akan membuat desktop atau laptop Anda terasa lebih cepat dengan waktu pemuatan aplikasi dan sistem operasi yang lebih singkat.

Bagian terbaiknya adalah kita berada pada titik di mana Anda tidak harus memilih antara kecepatan dan kapasitas – SSD terbaru menawarkan keduanya. Apakah Anda ingin mengganti hard drive lama atau meningkatkan kapasitas SSD yang ada, panduan ini akan membantu Anda menavigasi semua kerumitan dalam membeli flash drive modern.

Tidak tahu perbedaan antara drive NVMe dan M.2? Jangan khawatir, Engadget dapat membantu Anda memilih SSD terbaik untuk kebutuhan Anda.

Pilihan Engadget

SSD terbaik di tahun 2022

  • Drive SATA 2,5 inci terbaik: Krusial MX500
  • PCIe 3.0 M.2 Terbaik: Samsung 970 EVO Plus
  • NVME Gen3 yang lebih terjangkau: P2 Krusial
  • Opsi SATA: WD Blue SA510
  • NVME Gen4 Terbaik: Krusial P5 Plus
  • Drive portabel terbaik: Samsung T7
  • Penggerak thumbstick terbaik: Samsung Fit Plus

Apa yang harus dicari di SSD PC

Cara paling terjangkau untuk menambahkan penyimpanan cepat ke komputer adalah dengan drive SATA 2,5 inci. Ini juga salah satu yang termudah jika Anda tidak ingin khawatir tentang kompatibilitas karena hampir setiap komputer yang dibuat dalam dua dekade terakhir akan menyertakan motherboard dengan koneksi Serial ATA.

Oleh karena itu, SSD 2,5 inci adalah cara terbaik untuk memperpanjang umur PC lama. Pemasangannya juga mudah. Setelah Anda mengamankan SSD internal di sangkar drive, yang perlu Anda lakukan hanyalah menyambungkannya ke motherboard dan catu daya.

Satu-satunya kelemahan drive SATA adalah drive ini lebih lambat daripada drive NVMe, dengan SATA III membatasi transfer data hingga 600MB/dtk. Tetapi bahkan SSD paling lambat pun memiliki kecepatan transfer yang jauh lebih cepat daripada drive mekanis terbaik. Dan dengan SSD SATA 1TB seharga sekitar $100, ini adalah opsi penyimpanan massal yang bagus.

Jika PC Anda lebih baru, kemungkinan besar PC Anda menyertakan ruang untuk satu atau lebih SSD M.2. Faktor bentuk mewakili tiket Anda ke penyimpanan konsumen secepat mungkin di pasar, tetapi bagian yang sulit adalah menavigasi semua standar berbeda yang terlibat.

Drive M.2 dapat menampilkan koneksi SATA atau PCIe. SSD dengan yang terakhir dikenal sebagai Memori Non-Volatile atau drive NVMe dan secara signifikan lebih cepat daripada rekan SATA mereka, dengan model Gen3 menawarkan kecepatan tulis berurutan hingga 3.000MB/dtk. Anda bisa mendapatkan kinerja dua kali lipat dengan SSD Gen4, tetapi Anda memerlukan motherboard dan prosesor yang mendukung standar.

Jika Anda menjalankan sistem AMD, itu berarti CPU Ryzen 3000 atau 5000 dan motherboard X570 atau B550. Dengan Intel, sementara itu, Anda memerlukan prosesor Generasi ke-11 atau ke-12 dan motherboard Z490, Z590, atau Z690. Ingatlah bahwa Anda akan membayar sedikit premi untuk SSD Gen4.

Anda mungkin juga pernah melihat sesuatu tentang drive NVMe Gen 5. Anda dapat dengan aman mengabaikannya untuk saat ini. Saat ini, hanya CPU desktop Intel generasi ke-12 yang mendukung PCIe 5 dan tidak ada SSD NVMe Gen5 yang beredar di pasaran. Kita akan melihat yang pertama tiba bersama prosesor AMD Ryzen 7000 generasi berikutnya akhir tahun ini, tetapi jika harga drive Gen4 awal merupakan indikasi, harganya akan mahal.

Adapun mengapa Anda membeli drive M.2 SATA di atas drive 2,5 inci dengan spesifikasi yang sama, ini karena kemudahan instalasi. Anda menambahkan penyimpanan M.2 ke komputer Anda dengan memasang SSD langsung ke motherboard.

Itu mungkin terdengar mengintimidasi, tetapi dalam praktiknya prosesnya melibatkan satu sekrup yang pertama kali Anda lepaskan untuk menghubungkan drive ke komputer Anda dan kemudian kencangkan kembali untuk mengamankan SSD pada tempatnya. Sebagai bonus tambahan, tidak ada kabel yang terlibat, membuat manajemen kabel lebih mudah.

Perhatikan bahwa Anda dapat memasang SSD SATA M.2 ke dalam slot M.2 dengan koneksi PCIe, tetapi Anda tidak dapat memasukkan SSD NVMe M.2 ke dalam slot M.2 dengan koneksi SATA. Kecuali jika Anda ingin terus menggunakan drive M.2 lama, ada sedikit alasan untuk memanfaatkan fitur tersebut.

Berbicara tentang kompatibilitas mundur, Anda juga dapat menggunakan drive Gen4 melalui koneksi PCIe 3, tetapi Anda tidak akan mendapatkan keuntungan kecepatan apa pun dari NVMe yang lebih cepat.

Satu hal terakhir yang perlu dipertimbangkan adalah drive M.2 memiliki ukuran fisik yang berbeda. Dari yang terpendek hingga terpanjang, opsi umumnya adalah 2230, 2242, 2260, 2280, dan 22110. (Dua angka pertama mewakili lebar dalam milimeter, yang terakhir menunjukkan panjangnya.)

Sebagian besar, Anda tidak perlu khawatir tentang itu sejak 2280 adalah default untuk banyak motherboard dan pabrikan. Beberapa board dapat menampung lebih dari satu ukuran NVMe SSD berkat berbagai kebuntuan. Yang mengatakan, periksa dokumentasi komputer Anda sebelum membeli drive untuk memastikan Anda tidak mencoba menyesuaikannya dengan yang tidak dapat didukungnya.

Saran pembelian terbaik yang dapat saya tawarkan adalah agar Anda tidak terlalu terpaku untuk berada di ujung tombak teknologi penyimpanan. Kecepatan baca dan tulis berurutan yang Anda lihat di daftar pabrikan pada hard disk mereka bersifat teoretis. Pada kenyataannya, perbedaan dunia nyata antara SSD yang berbeda tidak terlihat seperti yang Anda bayangkan.

Jika anggaran Anda memaksa Anda untuk memilih antara 1TB Gen3 NVMe dan model 512GB Gen4, pilih yang pertama. Dari sudut pandang praktis, hal terburuk yang dapat Anda lakukan adalah membeli hard disk yang terlalu kecil untuk kebutuhan. Drive dapat melambat secara dramatis saat mendekati kapasitas, dan Anda mungkin akan membeli drive dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar di kemudian hari.

Dengan semua hal yang membosankan itu, berikut adalah beberapa rekomendasi SSD terbaik.

1. Drive SATA 2,5 inci terbaik: MX500 Krusial

Anda tidak perlu mencari jauh-jauh untuk menemukan SSD 2,5 inci serba terbaik. Ini adalah MX500 Penting. Dengan kecepatan baca berurutan 560MB/dtk dan label harga $85 untuk model 1TB, SSD internal ini menawarkan kombinasi kinerja dan nilai yang sulit dikalahkan. Itu juga dilengkapi dengan garansi lima tahun untuk ketenangan pikiran tambahan.

2. PCIe 3.0 M.2 Terbaik: Samsung 970 EVO Plus

970 EVO Plus adalah pilihan tepat bagi siapa saja yang membeli drive NVMe Gen3 pertama mereka. Muncul dalam varietas 250GB, 500GB, 1TB dan 2TB, semuanya dengan harga bersaing. Harapkan untuk membayar sekitar $70 untuk model 500GB, $100 untuk versi 1TB dan $190 untuk 2TB. SSD Samsung juga memiliki reputasi yang kuat untuk keandalan.

3. NVME Gen3 yang lebih terjangkau: P2 Krusial

Jika 970 EVO Plus di luar anggaran Anda tetapi Anda masih menginginkan drive NVMe, Crucial P2 adalah pilihan yang menarik. Ini sedikit lebih lambat daripada drive M.2 Samsung, menawarkan kecepatan baca berurutan hingga 2.400MB/dtk, bukan 3.500MB/dtk, tetapi jauh lebih murah. Crucial menawarkan P2 dalam varian 250GB, 500GB, 1TB, dan 2TB.

4. Opsi SATA: WD Blue SA510

Jika Anda memiliki komputer lama tetapi masih ingin memanfaatkan faktor bentuk M.2, pertimbangkan WD Blue SA510. Ini lebih lambat dari dua opsi di atas tetapi harganya sebanding dengan apa yang akan Anda bayarkan untuk drive 2,5 inci.

5. NVME Gen4 Terbaik: Krusial P5 Plus

Jika Anda memiliki perangkat keras dan uang yang diperlukan, sulit untuk mengalahkan Crucial P5 Plus. Dengan kecepatan baca berurutan 6600MB/dtk, ini bukan NVMe Gen4 tercepat mutlak yang dapat Anda beli, tetapi menawarkan nilai terbaik. P5 Plus hadir dalam varian 500GB, 1TB, dan 2TB. WD Black SN850 yang kami rekomendasikan di bawah di bagian konsol juga merupakan pilihan yang bagus.

Apa yang harus dicari di flash drive portabel dan USB

SSD portabel adalah binatang yang agak berbeda dengan saudara kandungnya. Meskipun kecepatan baca dan tulis itu penting, kecepatan tersebut hampir sekunder dari cara drive eksternal terhubung ke PC Anda. Anda tidak akan mendapatkan hasil maksimal dari model seperti SanDisk Extreme Pro V2 tanpa koneksi USB 3.2 Gen 2 x 2.

Bahkan di antara PC yang lebih baru, itu adalah fitur premium. Oleh karena itu, kebanyakan orang sebaiknya membeli drive portabel dengan koneksi USB 3.2 Gen 2 atau Thunderbolt 3. Yang pertama menawarkan kecepatan transfer hingga 10Gbps.

Selain itu, jika Anda berencana untuk melakukan perjalanan dan perjalanan, ada baiknya membeli model dengan pemeriksaan air dan debu bersertifikat IP. Beberapa perusahaan seperti Samsung menawarkan versi kasar dari hard disk terpopuler mereka. Untuk tambahan ketenangan pikiran, enkripsi perangkat keras AES 256-bit akan membantu mencegah seseorang mengakses data Anda jika Anda pernah kehilangan atau salah menempatkan SSD eksternal Anda.

Beberapa fitur yang sama berkontribusi pada thumbstick drive yang hebat. Model SSD eksternal terbaik menampilkan koneksi USB 3.0 dan beberapa bentuk enkripsi perangkat keras.

1. Drive portabel terbaik: Samsung T7

Bagi kebanyakan orang, Samsung T7 menawarkan perpaduan sempurna antara fitur, performa, dan keterjangkauan. Perusahaan ini menawarkan SSD portabel T7 dalam varietas 500GB, 1TB dan 2TB dan tiga warna berbeda. Ini juga relatif cepat, menawarkan kecepatan baca berurutan hingga 1.050MB/dtk. Yang terbaik dari semuanya, Anda sering dapat menemukannya sedang diobral.

2. Penggerak thumbstick terbaik: Samsung Fit Plus

Pilihan Samsung lain di sini untuk alasan yang bagus. Fit Plus memiliki semua fitur yang Anda inginkan pada drive USB. Ini terhubung ke komputer Anda melalui USB 3.1 dan mendukung kecepatan transfer hingga 300MB/s. Fit Plus juga ringkas dan memiliki slot praktis untuk memasangnya ke gantungan kunci Anda. Satu-satunya downside dari drive USB Samsung adalah harganya yang mahal.

Catatan tentang penyimpanan konsol

Untungnya, melengkapi konsol baru Anda yang mewah dengan penyimpanan secepat mungkin jauh lebih mudah daripada melakukan hal yang sama di PC. Dengan Seri X atau Seri S, percakapan dimulai dan diakhiri dengan kartu ekspansi penyimpanan Seagate.

Perusahaan ini menawarkan model 512GB, 1TB dan 2TB, dengan yang paling terjangkau mulai dari $139 yang tidak terlalu sepele. Kabar baiknya adalah Anda sering dapat menemukannya sedang diobral. Taruhan terbaik Anda adalah menyetel peringatan untuk model yang Anda inginkan pada pelacak harga seperti CamelCamelCamel.

Dengan Sony PlayStation 5, meningkatkan penyimpanan internal konsol sedikit lebih rumit. Alih-alih menggunakan solusi berpemilik, PS5 menggunakan penyimpanan NVMe. Untungnya, tidak banyak konfigurasi potensial seperti yang Anda temukan di PC.

Engadget menerbitkan panduan komprehensif untuk membeli SSD PS5 tahun lalu. Singkatnya, taruhan terbaik Anda adalah drive Gen4 dengan heatsink bawaan. Lihat panduan itu untuk daftar lengkap rekomendasi, tetapi untuk tujuan cepat, pertimbangkan Western Digital SN850.

Ini memenuhi semua spesifikasi memori untuk konsol terbaru Sony dan Anda tidak akan mengalami masalah pembersihan dengan heatsink. Western Digital menawarkan model SN850 500GB, 1TB dan 2TB. Harapkan untuk membayar sekitar $150 untuk varian 1TB dan sekitar $260 untuk 2TB.

Bagi mereka yang masih bermain di konsol generasi sebelumnya, Anda bisa mendapatkan waktu muat yang sedikit lebih cepat dari PlayStation 4 dengan menukar hard drive yang disertakan ke SSD 2,5 inci, tetapi berusaha keras untuk melakukannya mungkin tidak sepadan. titik ini dan Anda lebih baik menyimpan uang Anda untuk salah satu konsol baru.

Sumber : 

Baca Juga :